• 08123456789
  • info@official.com
Roster Rumah Minimalis

Memilih Roster Rumah Minimalis, Hiasan Simpel untuk Ventilasi Udara

Roster rumah minimalis tidak sekedar mempercantik hunian. Kehadirannya dapat difungsikan sebagai ventilasi udara sekaligus cahaya matahari untuk penuhi kriteria rumah sehat. Bagi hunian di kawasan tropis, roster menjadi pilihan cocok yang menambah nilai estetika suatu bangunan. 
Berfungsi mempercantik hunian, Anda harus memilih roster tembok yang tepat agar menyatu dengan bagian rumah. Kejelian dalam memadu padankan roster dengan tampilan keseluruhan rumah akan menghadirkan kesan yang menarik pada hunian Anda. 

Roster Sebagai Pemanis Ruangan 
Di jaman sekarang, roster mengalami perluasan fungsi. Penempatannya tidak sebatas di bagian luar rumah, namun merambah ke dalam rumah untuk mempermanis tampilan interior. Pemilihan roster untuk partisi tentunya diperlukan pertimbangan yang lebih matang agar tampilan interior rumah Anda makin selaras. 

1. Roster ruang tamu
Bagi Anda yang berencana menggunakan roster sebagai pemisah antara ruang tamu yang bersebelahan dengan ruang keluarga atau ruang makan, roster berbahan kayu bisa Anda jadikan pilihan. Roster semacam ini sangat cocok untuk menciptakan gaya tradisional dalam hunian Anda. 
Kendati demikian, dibutuhkan kecermatan dalam memilih jenis kayu yang unggul. Sebab, roster jenis ini rentan mengalami pelapukan akibat rayap kayu. 
Sementara untuk Anda yang menginginkan tampilan dekorasi yang mewah dan mengkilap, pemilihan roster keramik bisa jadi solusinya. Ada beberapa pola yang dapat Anda pilih untuk disesuaikan dengan ruangan. Namun, berhati-hatilah dalam menggunakan roster keramik karena rentan tergores dan pecah. 
Pilihan lain yang bisa Anda jadikan partisi dalam rumah adalah roster GRC. Diproduksi dengan mesin, roster jenis ini mempunyai banyak motif dan pola. Meski dapat diterapkan pada pagar, roster GRC dengan karakter kukuh, ringan dan tahan lama ini tetap cocok untuk dijadikan partisi ruangan. 
Area dekat tangga 
Ada banyak cara untuk mempercantik area dekat tangga. Seperti memajang wallpaper, menempel foto keluarga, hingga penggunaan roster. Pemilihan roster beton mampu menghadirkan kesan alami pada area dekat tangga. 

Roster untuk ventilasi udara
Roster ventilasi udara mempunyai cakupan yang luas. Penempatannya terbilang fleksibel. Dapat diaplikasikan pada bagian kamar, dapur, hingga digunakan sebagai ventilasi pada kamar mandi. 
Untuk ventilasi kamar tidur, roster kayu model jalusi dapat Anda aplikasikan supaya sirkulasi udara tetap baik. Di samping itu, roster cocok difungsikan sebagai teralis untuk area balkon di kamar tidur. 
Pemilihan roster sebagai teralis balkon tidak hanya unik, tapi mempercantik tampilan baik dari luar ataupun dalam. Agar Anda tetap bisa menikmati pemandangan luar, pilihlah roster dengan lubang-lubang besar sebagai teralis balkon. Walaupun difungsikan sebagai teralis balkon kamar, keberadaan tirai dan pintu akan menjaga privasi Anda dari pandangan arah luar. 
Area lain yang memerlukan sirkulasi udara dengan baik adalah dapur. Mengaplikasikan roster di area ini berfungsi menjaga dapur Anda tetap segar dan tidak pengap. Agar memperoleh hasil yang padu, pemilihan roster rumah minimalis untuk area dapur harus Anda sesuaikan dengan desain ruangan.
Roster sebagai hiasan dinding
Selain berfungsi sebagai ventilasi dan partisi, roster pun mempunyai berguna sebagai hiasan dengan dipasang pada dinding. Untuk yang satu ini, Anda tidak perlu mempertimbangkan arah sinar matahari. 
Cukup tentukan lokasi yang pas untuk dipasangi roster. Jangan lupa untuk memilih warna dan motif yang pas dengan interior pada hunian Anda. 

Penggunaan Roster untuk Eksterior Rumah
1. Roster teras
Roster cocok untuk diaplikasikan pada area teras rumah. Selain memungkinkan area tersebut terpapar sinar matahari dan mendapatkan sirkulasi udara yang baik, penggunaan roster pada teras depan berfungsikan sebagai hiasan eksterior. Hal ini menjadi penting karena eksterior rumah menjadi bagian pertama yang dilihat oleh orang dan dijadikan penilaian terhadap penghuni rumah. 
Anda bisa memilih roster berbahan tanah liat, beton, atau batako untuk bagian ini. Roster dari tanah liat menghadirkan tampilan yang eksotis bagi hunian Anda. Sementara roster dari beton mempunyai tampilan estetik. 
Umumnya roster dari beton mempunyai bagian tengah yang dilubangi, sehingga meminimalisir sinar matahari agar tidak terlalu terik. Sedangkan roster batako berfungsi menonjolkan kesan dingin pada hunian. Pemilihan pola unik pada roster dapat menciptakan visual bayangan yang unik di rumah Anda. 
Roster sebagai pagar
Penggunaan roster sebagai pagar rumah menghadirkan dua fungsi sekaligus. Sebagai keamanan rumah dan mempercantik tampilan eksterior. Supaya privasi penghuni rumah tetap terjaga, Anda perlu memilih roster dengan lubang-lubang berukuran kecil. 

Tips Memilih Roster 
Penggunaan roster rumah minimalis tidak bisa dipilih secara asal-asalan. Ada banyak pertimbangan yang harus Anda buat. Dari pemilihan warna hingga pola. Untuk membantu Anda dalam memilih roster ventilasi rumah, simak beberapa tips berikut ini. 
1. Alasan penggunaan loster ventilasi 
Sistem ventilasi yang buruk pada suatu bangunan mempunyai dampak negatif bagi penghuninya. Selain terasa pengap, kondisi yang terlalu lembab karena kurangnya ventilasi dapat menyebabkan penyakit. 
Penting untuk Anda mengetahui alasan penggunaan roster pada suatu bangunan. Sebab ini berfungsi sebagai pertimbangan selama Anda mendesain hunian. Sehingga Anda lebih mudah dalam menentukan bagian mana saja yang perlu ventilasi dan pencahayaan yang maksimal. 
Pilih roster dengan bahan yang tepat
Tips penting selanjutnya dalam memilih roster adalah soal bahan roster. Pemilihan bahan bisa Anda sesuaikan dengan lokasi pemasangan. Bila roster Anda tempatkan pada bagian eksterior, Anda perlu memilih bahan roster yang kuat serta tahan panas dan hujan. 
Sementara penggunaan roster sebagai partisi, Anda harus memilih roster dari bahan yang ringan. Begitu pun dengan pemilihan roster pada bagian lain di rumah Anda. Pastikan Anda memilih bahan yang sesuai kebutuhan. 
Pemilihan pola dan bentuk
Ada banyak pola, bentuk dan ukuran roster yang bisa Anda jumpai di pasaran. Mulai dari kotak-kotak, motif geometris, bunga, dan masih banyak lagi. Karena rumah minimalis dikenal tepat guna, multifungsi, dan mempunyai desain yang sederhana, pemilihan roster dengan pola yang tepat berdasarkan fungsinya akan menambah kesan cantik pada rumah Anda. 
Pertimbangkan ukuran lubang roster 
Ukuran lubang roster harus disesuaikan dengan ukuran ruangan. Ruangan dengan luas yang tidak terlalu besar bisa menggunakan roster 15 x 15 yang lubangnya berukuran kecil. Sementara ruangan yang mempunyai luas besar, bisa menggunakan lubang ventilasi yang besar atau roster 30 x 30.
Sesuaikan dengan anggaran 
Tips terakhir dan paling penting adalah menyesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki. Bila anggaran Anda tidak mencukupi untuk membeli roster jenis tertentu, Anda bisa memilih jenis lain yang memiliki fungsi hampir sama dengan harga yang lebih terjangkau. 
Itulah ulasan mengenai fungsi roster dan pemakaiannya untuk mempermanis eksterior dan interior hunian Anda. Supaya hasilnya tidak mengecewakan, pastikan Anda memilih roster rumah minimalis dengan tepat. 

Breeze Block Manufacturer | Ventilation Blocks Exporter | Breeze Block Building Materials © 2020 All rights reserved | Built by CLONING SYSTEM

Chat on Whatsapp
Powered by Blogger.